Hal-hal Yang Mempengaruhi PageRank Google Untuk Blog Kita

Pagerank dalam bahasa Indonesia berarti Peringkat Laman, bisa juga disebut dengan nama Ranking seperti di bangku sekolahan. Tidak ubahnya seperti di dunia sekolah, siswa memiliki Ranking yang bagus dikarenakan prestasi belajar yang tinggi. Begitu juga di dunia blogging, jika kita memenuhi beberapa aspek yang sudah ditetapkan Google, blog kita bisa mendapatkan Ranking yang baik di Google. Apa-apa saja yang mempengaruhi PageRank blog kita di mata Google? Itu akan menjadi tutorial Blogger pada kesempatan kali ini.

pagerank,peringkat laman,peringkat blog,optimasi blog,ranking blog,page rank,meningkatkan pagerank

Hal-hal yang dapat mempengaruhi PageRank :

1. Backlink yang berkualitas
Ada banyak cara yang dilakukan oleh Admin blog untuk mendapatkan Backlink diantaranya dengan memamfaatkan Jasa Backlink dari situs lain dan dengan cara melakukan tukar Link. Kedua cara tersebut terbukti efektif meningkatkan PageRank suatu blog, akan tetapi kedua cara tersebut bisa berdampak buruk juga buat blog. Bilamana sebuah backlink berdampak negatif buat blog? Bila backlink yang kita peroleh berasal dari situs/blog yang masuk ke dalam kategori situs/blog spam.

2. Keamanan situs/blog yang dikelola
Jika web blog yang kita kelola memasang script atau kode yang dapat membahayakan perangkat komputer, pengunjung akan diberikan peringatan oleh Google untuk mengunjungi laman kita. Hal ini akan mengakibatkan jumlah pengunjung blog kita akan menurun secara signifikan yang ujung-ujungnya akan berdampak pada PageRank blog kita.

3. Susunan Heading Tag yang tepat (H1 dan Seterusnya)
Heading Tag yang diatur rapi (Tepat) akan menjadi point positif bagi sebuah blog. Point positif yang dimaksudkan berupa peningkatan Search Engine Optimization (SEO). Web blog yang SEO Friendly lebih disukai oleh Google dan Search Engine yang lain.

4. Konten yang di Update secara teratur
Blog yang sering melakukan Update biasanya menempati urutan teratas di dalam Search Query Google. Hal ini dapat meningkatkan jumlah pengunjung atau visitor ke blog tersebut. Mengutip pernyataan Mat Cutt (Tim Google) : "Google lebih memprioritaskan blog yang diupdate secara teratur walaupun memiliki PageRank yang rendah dari pada Blog yang memiliki PageRank tinggi tetapi jarang di update". Pernyataan Mat Cutt ini bisa ditemukan di jejaring Sosial Twitter yang dimilikinya. Bagaimana dengan blog yang di update secara teratur tetapi hasil copy paste? Google tidak akan menempatkan posting hasil copy paste pada urutan teratas search query.

5. Situs/blog tidak bermasalah
Situs/blog yang bermasalah adalah situs/blog yang mempunyai : Duplicate Meta Description, Duplicate Title Tag, Short Title Tag, Penggunaan Keyword yang berlebihan dan Script yang mengelabui Search Engine Google.

6. Kecepatan kinerja situs
Seberapa besar pengaruh kecepatan situs terhadap PageRank suatu Blog? Sangat besar karena kecepatan situs adalah salah satu aspek yang menentukan nyaman dan tidaknya visitor dalam mengunjungi suatu blog. Google sangat memperhatikan aspek ini, sehingga kita sebagai pemilik blog, jangan menganggap enteng hal ini. Blog yang lambat loading akan membuat pengunjung merasa bosan dan kesal saat mereka mencari informasi yang mereka butuhkan. Informasi tentang pengaruh kecepatan kinerja situs bisa ditemukan di laman Google Sight Speed atau Google Help di Google Webmaster Tool.

0 komentar:

Posting Komentar